Workshop LCMS - GKLI: Mengapa Lutheran Menolak Baptisan Ulang? Jawabannya Bikin Kaget!

Mengapa Lutheran Menolak Baptisan Ulang? Jawabannya Bikin Kaget!

Ps. Dr. Jonathan Shaw & Ps. Michael Frese (LCMS)

“Communion Fellowship; KONFESI AUSBURG ARTIKEL IX”

(SESI IV)


Mari kita mulai dengan Baptisan, artikel 9, dan kita bahas per paragraf. Dari Artikel IX Konfesi Augsburg, apakah ada yang bisa membaca paragraf 1 saja? Siapa yang sudah membukanya? Artikel 9 tentang Baptisan, ayat 1.

Sempurna. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa artikel tentang Baptisan langsung mengikuti artikel tentang Gereja. Tidak mungkin memahami apa itu Gereja kecuali kita memulai dengan Baptisan.

Itulah sebabnya dalam Pasal 9, ayat 1, disebutkan bahwa Baptisan diperlukan untuk keselamatan. Ini adalah kutipan dari Markus 16:16: “Barangsiapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan.”

Anda akan melihat perbedaan di sini antara cara berpikir Lutheran dan cara berpikir Protestan. Lutheran berpikir seperti Yesus.

Apakah Anda melihat? Yesus berkata: “Barangsiapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan.” Ia menggabungkan iman dan baptisan.

Sementara itu, Protestan melakukan hal sebaliknya. Mereka memisahkan iman dan baptisan. Pertanyaannya sering muncul: “Saya percaya pada Yesus, apakah saya benar-benar perlu dibaptis?” Itu hal lain.

Jadi jelas bahwa iman dan baptisan saling berkaitan.

Seperti yang dikatakan Luther, satu tahun sebelum Pengakuan Iman Augsburg ditulis (dalam Katekismus Besar): apakah iman datang sebelum baptisan, saat baptisan, atau sesudah baptisan tidak relevan. Baptisan mengampuni dosa dan memberikan anugerah, dan itulah yang dipegang oleh iman.

Sekarang Anda mengerti mengapa baptisan ditempatkan setelah artikel tentang Gereja pada Konfesi Ausburg.

Workshop 

Baptisan Anak

Mereka (para Reformator) juga mengajarkan bahwa anak-anak harus dibaptis. Tentu saja mereka harus dibaptis, karena mereka adalah manusia. Iman berpegang pada janji-janji yang diberikan dalam baptisan. Dan ketika kita dibaptis, kita diterima dalam kasih karunia Allah. Sekarang mari kita lihat sudut pandang yang berlawanan dari beberapa Protestan.

 

Latar Belakang Historis

Artikel 9, ayat 3 menyinggung murka Allah dan praktik persiapan pribadi. Pada masa itu, gereja sudah memiliki Katekismus Kecil dan Besar Luther (1529). Konfesi Augsburg sendiri ditulis setahun kemudian (1530) sebagai pengakuan iman resmi kepada dunia.

Luther menulis empat paragraf tentang Baptisan dalam Katekismus Kecil. Anda sebaiknya menghafalnya. Ringkasannya:

  • Ada dua hal dalam baptisan: firman Kristus dan air.
  • Firman memberi kuasa pada air baptisan.
  • Saat pendeta menuangkan air, janji Allah berlaku: “Aku membaptis engkau dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus.”
  • Dalam bahasa Yunani tertulis eis to onoma (“ke dalam nama”), bukan hanya “dalam nama.” Itu berarti ada tindakan dan perubahan yang sedang terjadi.

Sebelum baptisan, anak tidak memiliki Allah sebagai Bapanya. Setelah baptisan, ia memiliki Allah yang kudus sebagai Bapanya.

Dalam baptisan:

  • Anak Allah adalah Juruselamatmu,
  • dosamu diampuni oleh darah-Nya,
  • Roh Kudus menciptakan iman di dalam dirimu dan menjaga sampai kebangkitan.

Ada beberapa tempat di Perjanjian Baru yang menyebut “dibaptis dalam nama Yesus.” Itu adalah singkatan teologis, tetapi kata-kata institusi yang Yesus perintahkan adalah: “dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus.” Maka itulah yang harus digunakan.

 

Pertanyaan-Pertanyaan

Beberapa pertanyaan yang muncul dalam diskusi:

  • Bagaimana dengan baptisan hati atau mencuci kaki? Itu bukan sakramen baptisan, hanya gambaran.
  • Bagaimana dengan orang yang meninggal sebelum dibaptis, khususnya bayi? Itu sudah dijawab kemarin, namun tetap menjadi pertanyaan pastoral.
  • Apa perbedaan antara dibaptis dalam nama dan ke dalam nama?
    • “Dalam nama” terdengar statis.
    • “Ke dalam nama” menunjukkan perubahan nyata.
  • Dalam papirus Yunani kuno, “nama” adalah istilah teknis. Misalnya: seorang mandor berkata, “Saya membeli ini atas nama tuanku.” Demikian juga, ketika pendeta membaptis, ia bertindak atas nama Kristus, menyerahkan berkat-berkat Allah.

 

Baptisan dan Kelahiran Baru

Ketika seseorang lahir, ia dilahirkan ke dalam keluarga. Demikian juga, baptisan adalah kelahiran baru ke dalam keluarga Allah.

Yesus berkata dalam Yohanes 3 kepada Nikodemus: “Jika seseorang tidak dilahirkan kembali dari air dan Roh, ia tidak akan melihat Kerajaan Allah.”

Surat Titus juga menegaskan bahwa baptisan adalah tanda kelahiran baru.

Itulah sebabnya Lutheran menekankan: iman dan baptisan tidak dapat dipisahkan. Jika dipisahkan, orang akan meninggalkan pemahaman Lutheran dan berpindah ke pandangan Protestan lain, seperti Calvinisme.

 

Baptisan Ulang

Pdt. Kimson Sinaga, mengajukan pertanyaan: bagaimana dengan orang yang dibaptis dua kali?

Jawabannya: tidak ada baptisan ulang.

  • Hal itu sama seperti pengangkatan perempuan menjadi pendeta: tidak ada.
  • Menurut Pengakuan Iman Nicea, hanya ada satu baptisan untuk pengampunan dosa.
  • Jika seseorang “dibaptis ulang,” itu sebenarnya tetap dianggap hanya satu baptisan. Baptisan ulang tidak diakui, kecuali baptisan yang salah.

 

Praktik Liturgis

Pertanyaan terakhir: Dalam baptisan, imam mengangkat tangannya untuk memberi berkat. Apakah ada hubungan dengan pelayanan lain?

Jawabannya: pengangkatan tangan adalah tanda berkat, meski praktik dapat berbeda di beberapa gereja, misalnya dalam GKLI.

 

Penutup

  • Baptisan adalah sarana kasih karunia Allah.
  • Melalui baptisan, dosa diampuni, iman diteguhkan, dan kita dilahirkan kembali sebagai anak-anak Allah.
  • Baptisan tidak dapat dipisahkan dari iman.
  • Gereja Lutheran menolak baptisan ulang, dan tetap berpegang pada satu baptisan sebagaimana ditegaskan dalam Pengakuan Iman Nicea.

 

Comments